Jakarta - Bandung Naik Apa?

Kota Bandung rasanya sudah menjadi destinasi wisata yang banyak dituju orang-orang yang tinggal di Jakarta.  Selain jaraknya cukup dekat dengan waktu tempuh normal selama 2-3 jam, pilihan moda transportasinya pun cukup beragam, sehingga daerah ini menjadi short escape untuk jalan-jalan sekedar melepas penat dari rutinitas sehari-hari.
Kali ini saya mau share sedikit moda transportasi via bus rute Jkt- Bdg- Jkt.  Kebetulan akhir tahun 2018 lalu, saya baru saja menggunakan big bird dan cititrans.  Well, ini bukan pertama kalinya saya pergi ke bandung dengan menggunakan bus, tapi baru kali ini saya mau mereview sedikit pengalaman saya menggunakan 2 brand berikut ini.


Big Bird  
Yup, bus ini ada lah grup nya blue bird, logo burung dan warna biru nya yang khas mendominasi warna bus ini.  Kemarin saya memilih waktu keberangkatan di jam 5.00 pagi hari.  Titik pick up point nya ada di Mall Central Park - Jakarta Barat.  Tempat duduknya standar lah ya, bisa reclining, hanya saja sayangnya koper saya berukuran 24 inch gamuat ditaruh di bagasi.  Alhasil kami harus menaruh koper tersebut di dekat tempat duduk kami, dan tentunya terasa SEMPIT! Pengalaman nih, kalau mau pakai bus ini, pastikan kamu bawa tas travel ukuran kecil atau koper ukuran kecil masih bisa deh. Trus, waktu berangkatnya gimana?  Supir bus nya baik hati banget nih, walau waktu sudah menunjukkan pukul 05.00, dia masih berusaha nungguin penumpang lain yang belum dateng.  Kira-kira jam 05.30, bus yang saya tumpangi baru jalan.  Dan saya sudah siap2 untuk tidur supaya mata ini agak segar begitu sampai di kota Bandung.

Perjalanan pulang dari Bandung menuju Jakarta, saya memilih brand ini.  Dan beneran, perjalanan saya nyaman dan no complain at all. Saya tiba di kantor shuttle Cititrans di daerah Dipati Ukur. Saya langsung check in  dan mendapatkan free 1 botol air mineral ukuran 600 ml.  Lumayan untuk diminum selama perjalanan.  Selain itu, mereka juga menyediakan mesin minuman kopi dan susu untuk para penumpang, jadi kalau mau minum kopi, tinggal ambil gelas kosong, pencet di tombol kopi yang diinginkan, beres deh. 





Tempat duduk di dalam bus asli lega banget, bisa reclining sampai nyaman banget tanpa mengganggu penumpang di belakang kita.  Di tiap tempat duduk pun ada usb port, lumayan banget bisa untuk charge hp selama perjalanan dan ga perlu khawatir hp lowbatt.

Waktu berangkatnya pun asli on time banget. Brand ini akan jadi pertimbangan saya untuk dipilih kalau next time ada kesempatan jalan ke kota kembang lagi.

---------------------------------------------------------------------------------------------

Oh ya, untuk perjalanan kemarin, saya menggunakan traveloka untuk memudahkan saya, so simpe dan harga nya jujur dan jelas ga ribet.






No comments:

Post a Comment