Library @Chinatown Singapore

Di musim liburan panjang yang lalu, saya sempat menginjakkan kaki ke salah satu mall yang ada di Chinatown Singapore.  Sebenarnya ga ada tujuan khusus ke mall ini, sekedar window shopping, dan di mall ini banyak tempat makan nya.  Saya berjalan menyusuri tiap lantai dan sampai ke lantai paling atas, ternyata saya menemukan Perpustakaan! Iya, saya agak surprise, ada perpustakaan di dalam mall.  Yang mana kalau di Jakarta, rasa2nya koq ga  ada ya perpustakaan di  dalam mall.


Ini pintu masuk perpustakaan
Penasaran dong, jadi saya masuk ke dalam. Jangan khawatir, masuk ke sini gratis koq.  
Karena saya termasuk ke dalam jenis kutubuku suka baca, saya serasa menemukan surga buku.  Area pertama yang saya jelajahi adalah area majalah dan koran.  Jangan dikira majalah dan koran yang disitu edisi lama semua ya, edisi baru nya pun sudah tersedia.  Kebayang kan enak nya bisa baca majalah dan koran gratis.  Semua display nya tersusun dengan rapi. Setiap pengunjung bisa ambil koran/majalah yang mau dibaca, setelah dibaca, taruh lagi di tempatnya ya..karena sudah ada label nya, misalnya rak khusus majalah "cosmopolitan", dll. Suasana di dalam sangat hening, semua orang sibuk membaca, pokoknya suasananya enak buat baca, otak pun kayaknya rileks banget karena semua orang sadar namanya di perpus ya ga boleh berisik/ngobrol.

Ada area pameran tulisan mandarin
Saya perhatikan sekeliling area, pengungjung terdiri dari berbagai jenis dan usia.  Ada laki-laki dan perempuan, tua sudah berumur/senior dan muda.  Aktivitas mereka pun berbeda-beda, ada yang beneran baca, ada yang sibuk main smartphone malah ada yang tidur ☺ (mungkin sangking nyaman nya jadi tidur ya)

ruang baca

salah satu rak koleksi buku
Koleksi buku disini lumayan beragam, cuma sayangnya rata-rata dalam bahasa mandarin, dan saya ga bisa baca huruf mandarin. Alhasil saya cuma sempet lirik-lirik majalah dalam bahasa inggris. Hahahaha..  Salah satu hal yang penting juga adalah koleksi buku-buku disini dalam keadaan rapi dan terawat.  Sepertinya pengunjung nya semua adalah user yang bertanggung jawab ya. 


Coba ya ketika masa kuliah di Jakarta sudah ada perpustakaan di dalam mall, bisa dipastikan saya akan sering nongkrong di perpustakaan.  Kalau lapar tinggal turun dan makan di mall. Aduh, ngebayanginnya aja udah baper banget.  Harapan saya pemprov DKI bisa menyediakan fasilitas umum seperti ini.  Supaya bisa mendorong budaya membaca untuk masyarakat umum.

Ternyata perpustakaan ini sudah berdiri sejak tahun 2013, yang mau tau lebih jauh bisa cek di website ini, ada info tentang alamat, jam buka/tutup, dll.
Mau tau ada area apa aja di perpustakaan ini, bisa cek disini.

Pemandangan mall dari lantai perpustakaan






No comments:

Post a Comment